MENUAI EMAS DARI SI DAUN EMAS

Sudah lama juga ternyata aku tidak meng-update tulisan di blog ini…..ini dikarenakan kesibukan dan adanya hobi baru yang menguras banyak waktu.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang MENUAI EMAS DARI SI DAUN EMAS.  Meskipun kejayaan tembakau sudah sedikit memudar tetapi tidak ada salahnya bagi orang yang menggantungkan hidupnya dari tembakau sedikit berharap supaya hasil panenan tahun ini lebih baek.

Inilah saat yang ditunggu-tunggu semua orang yang berada di daerah penghasil tembakau baek itu petani, maupun semua orang yang tinggal di daerah tembakau tersebut (pekerja, padagang, transportasi, dll). Lelah sudah tidak terbayangkan oleh petani tembakau dimusim tanam 2009 ini, bagaimana tidak cuaca diawal penanaman tembakau tidak bersahabat hujan terus-menerus mengguyur yang mengakibatkan banyak tanaman tembakau yang mati yang pada akhirnya petani harus menanam ulang tanaman tembakau sebanyak 3 kali. Lebih beruntung petani yang menanam tembakau pada akhir bulan 5 dan 6 sampai sekarang tanaman bulan tersebut masih bisa diandalkan. Kita tinggal berdoa saja supaya cuaca pada panen tembakau nanti bersahat.

Dari catatan saya tembakau awal panen bisa dipastikan banyak yang gagal ini dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, hujan yang datang dimasa panen menyebabkan warna gelap dan spikel (berbeda dengan tembakau virginia dimana spikel merupakan faktor positif  (F)). Untuk panen pertengahan kualitas tembakau lebih baek dari panen sebelumnya. semoga saja cuaca lebih bersahabat sampai akhir musim panen  sehingga kualitas tembakau untuk tahun ini bisa diharapkan. Sehingga semua bisa menuai emas dari si daun emas ini.

Semoga semua usaha dan doa mendapatkan hasilnya sehingga senyum kebahagiaan bisa terpancar dari orang yang menggantungkan hidup dari tembakau.

2 Responses to “MENUAI EMAS DARI SI DAUN EMAS”


  1. 1 zainul m. Oktober 1, 2009 pukul 10:27

    bagaimana tanggapan bpak tentang tmbakau jawa dan virginia bojonegoro yang konon hasilnya makin merosot?

    • 2 ijo2royo Oktober 1, 2009 pukul 13:40

      makasih bpk zainul sudah mampir di blog saya yg sederhana ini…
      terus terang saya belum pernah berada didaerah tersebut (tembakau jawa & virginia bojonegoro) jd bgm keadaan dsana saya kurang tau. tetapi memang untuk tembakau virginia denger2 cerita orang sebelum masuk lombok tembakau virginia memang terkenal di bojonegoro. untuk masalah produktivitas saya pikir banyak sekali faktor yang memperngaruhi pak…bisa dari faktor tanah yang sudah jenuh, iklim yang kurang bersahabat dll. di daerah sekitar tempat saya juga mengalami hal yang sama pak produktivitas yang menurun bahkan beberapa banyak yang gagal. kmrn cerita2 dengan petani disini untuk tanaman 3500 phn hanya mendapatkan 500kg daun basah dan daun keringnya sekitar 150kg.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




TENTANG AKU

Agustus 2009
S S R K J S M
« Jan   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

NGOBROL DG AKU

Blog Stat

  • 4,871 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Arsip


%d blogger menyukai ini: